Thursday 30 August 2018

Pengertian Tanaman Hibrida beserta Keunggulannya

Dalam dunia pertanian terdapat sebuah istilah Hibrida, hibrida adalah sebutan bagi sebuah tanaman yang di hasilkan dari perpaduan dua tanaman atau lebih yang memiliki satu rantai Famili atau jenis yang sama dan pada akhirnya menghasilkan tanaman baru. tanaman baru itulah yang di sebut hibrida. itu hanyalah penjelasan singkat mengenai tanaman hibrida, untuk penjelasan lengkapnya silahkan simak informasinya berikut ini.


Pengertian Tanaman Hibrida

Pengertian tanaman hibrida adalah jenis tanaman baru yang di peroleh dari proses persilangan antara dua tanaman atau lebih yang memiliki satu jalur Famili/jenis yang sama untuk memunculkan sifat-sifat unggulnya. sifat-sifat unggul yang di maksud adalah ketahanan terhadap suatu penyakit tertentu, hasil produksi tanaman yang lebih banyak dari jenis tanaman sebelumnya, tanaman yang kuat dan lain sebagainya.

pada jaman dahulu belum di kenal tanaman Hibrida, karena masyarakat atau peneliti belum menemukan cara yang efektif untuk menggabungkan dua tanaman menjadi satu untuk menghasilkan tanaman baru, namun  seiring perkembangan jaman dan juga teknologi yang semakin berkembang barulah para peneliti di bidang pertanian mampu menggabungkan jenis tanaman menjadi tanaman baru. tanaman baru itulah yang di sebut tanaman Hibrida. tujuan dari tanaman Hibrida ini adalah untuk menemukan tanaman yang lebih baik dari pada sebelumnya yang dapat atau mampu memberikan hasil produksi yang lebih baik dan juga tanaman yang tahan akan penyakit dan hama tanaman.

maka dari itu di era ini sering kita dengar istilah mengenai tanaman-tanaman yang berbuah dengan warna yang berbeda-beda namun masih satu jenis tanaman umum. contohnya tanaman padi Merah Putih yang di temukan oleh orang indonesia, di mana dalam penciptaanya ia menggabungkan dua benih tanaman yaitu tanaman padi putih dan tanaman padi merah sehingga jadilah tanaman padi merahputih yang memiliki keunggulan produksi yang lebih banyak dan hasil yang lebih baik.

Macam-Macam Pembentukan Hibrida

Macam-macam pembentukan hibrida yang sudah digunakan secara komersial yaitu hibrida silang tunggal “single cross hybrid”, hibrid silang ganda “double cross hybrid” dan hibrida silang tiga “three-way cross hybrid”.

  • Hibrida Silang Tunggal “Single Cross Hybrid”

Hibrida silang tunggal ialah hibrida dari persilangan antara dua galur murni yang tidak berhubungan satu sama lain. Silang tunggal yang superior mendapatkan kembali vigor dan produktivitas yang hilang saat penyerbukan sendiri serta akan lebih vigor dan produktif dibandingkan dengan tetuanya.

Disamping memiliki hasil yang tinggi, hibrida silang tunggal lebih seragam dan produksi benihnya relatif lebih mudah dibandingkan dengan hibrida silang tiga galur dan silang ganda.

  • Hibrida Silang Ganda “Double Cross Hybrid”

Hibrida silang ganda ialah progeni hibrida dari persilangan antara dua silang tunggal. Silang ganda melibatkan empat murni yang tidak berhubungan satu sama lain. Pasangan galur murni disilangkan sehingga membentuk dua silang tunggal kemudian disilangkan untuk menghasilkan silang ganda. Hibrida silang ganda yang dihasilkan dari galur murni A, B, C dan D dapat ditulis sebagai “A X B” X “C x D “.

  • Hibrida Silang Tiga “Three-Way Cross Hybrid”

Hibrida silang tiga ialah hibrida dari persilangan antara silang tunggal dengan satu galur murni, yang ketiga galur tidak berhubungan sehingga dengan satu galur murni. Yang ketiga galur murni tidak berhubungan yang sehingga lebih berbeda secara genetik dan penampilannya lebih beragam. Hibrida silang tiga yang dihasilkan dari galur murni A, B dan C dapat ditulis sebagai “A X B” X C.

Keunggulan Atau Kelebihan Tanaman Hibrida

Keunggulan atau kelebihan tanaman varietas hibrida secara garis besar peningkatan produktivitas tanaman seperti program varietas unggul hibrida ini, pada umumnya merupakan tujuan peningkatan produktivitas berptensi menguntungkan secara ekonomi.

Bagi petani, peningkatan produktivitas diharapkan dapat menkonpensasi biaya produksi yang telah dikeluarkan. Peningkatan produktivitas “daya hasil per satuan” diharapkan akan dapat meningkatkan produksi secara nasional.

Program varietas hibrida ini, umumnya dipilih karena telah teruji kualitasnya dan memiliki daya tumbuh yang berstandar internasional. Benih hibrida memiliki vigor lebih baik dan dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan dalam waktu panen yang lebih seragam.

Benih hibrida memiliki kemampuan untuk adaptasi luas baitu itu dalam hal iklim maupun kondisi tanah tertentu. Benih yang diproses masih diberikan perlakukan pestisida sehingga sangat jelas bahwa benih tersebut terlindungi dari hama dan tahan penyakit. Produktivitas benih hibrida bisa lebih tinggi dibandung benih lokal produktivitas rendah bahkan mencapai dua kali lipat.

Kelebihannya yaitu:
  1. Produktivitas lebih tinggi.
  2. Sifat-sifatnya lebih unggul.
  3. Tanaman/buah/tongkol seragam.
  4. Lebih terjamin kualitasnya.
  5. Lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Jenis-jenis Tanaman Hibrida

Di toko bahan makanan dan pasar, banyak sekali buah dan sayuran Hibrida. Banyak stroberi, tomat, paprika hijau, bawang bombai, dan aneka jenis bayam yang dapat diperoleh di mana-mana dalam Hibrida.

Orang suka menanam tumbuhan hibrida dengan berbagai alasan. Hibrida dibiarkan agar tahan penyakit, hama, dan kekeringan, maka pada umumnya hasil panen tanaman hibrida itu lebih besar dan lebih biak. Hibrida juga merupakan versi yang seragam, lebih bagus, lebih lezat, dan lebih awet dari banyak buah-buahan dan sayuran.

demikianlah informasi mengenai Pengertian Tanaman Hibrida beserta Keunggulannya, semoga dapat memberikan ilmu pengetahuan dalam dunia pertanian, penitngnya kita ketahui mengenai hal ini karena pada dasarnya kita hidup dan bertahan hidup dari hasil pertanian. 
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: