Thursday 16 August 2018

Pengertian Diversifikasi Pertanian

Mungkin kita sering mendengar Pemerintah menggalakkan Diversifikasi Pertanian yang menjadi salah satu program pemerintah untuk menyediakan bahan pangan yang cukup bagi masyarakat indonesia. namun tahukah anda apa itu Diversifikasi Pertanian?. tentu untuk orang awam atau baru belajar mungkin tidak mengetahuinya (Tidak bermaksud menyinggung) namun bagi anda yang kegiatannya selalu berhubungan dengan pertanian atau anda seorang Mahasiswa pertanian harus tahu mengenai istilah Diversifikasi Pertanian. maka dari itu silahkan anda simak informasi selengkapnya yang sudah saya rangkum dan jelaskan berikut ini.

Diversifikasi Pertanian

Pengertian Diversifikasi Pertanian

Diversifikasi Pertanian adalah Usaha atau tindakan atau kegiatan penganekaragaman jenis usaha pertanian atau tanaman untuk membuat sesuatu lebih beragam untuk menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian saja. kata kunci dari pengertian ini adalah Penganekaragaman usaha dan tanaman pertanian. sudah cukup jelas bagi kita mengenai penganekaragaman hal di dalam ruang lingkup pertanian.

Cara Melakukan Diversifikasi Pertanian

  • Memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan.
misalnya pada suatu lahan selain ditanam jagung juga ditanam padi ladang. tujuannya untuk mengimbangi kebutuhan makanan pokok di pasar atau yang di butuhkan oleh masyarakat. contoh Misalnya saja, orang-orang Indonesia harus mulai mengurangi atau mengubah kebiasaan mengkonsumsi nasi dan dapat diganti dengan makanan berkarbohidrat lainnya seperti ubi, singkong, jagung, talas, kentang, dan sebagainya.
  • Memperbanyak jenis kegiatan pertanian.
misalnya seorang petani selain bertani juga beternak ayam dan beternak ikan. tujuannya adalah agar petani lebih memiliki sumber penghasilan selain membudidayakan tanaman, di samping itu hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerugian pada satu usaha petani sehingga apabila satu usaha terjadi kegagalan usaha lain akan dapat memberikan penghasilan untuk menutupi kerugian tersebut.
  • Menggunakan sistem tumpang sari
Diversifikasi Pertanian

Sistem tumpang sari merupakan sistem penanaman dengan melakukan penanaman campuran di suatu lahan yang produktif. tujuannya untuk memaksimalkan lahan dengan menanami lebih dari satu tanaman pada sepetak lahan, namun tidak semua tanaman dapat di Tumpang sari. Sebaiknya penanaman tanaman lain tersebut disatukan dengan tanaman bahan pokok, hal ini dimaksudkan untuk menambah produksi tanaman. Sistem Tumpang sari atau lebih di kenal dengan Sistem campuran ini juga akan membantu menahan serangan hama serta menambah unsur hara pada lahan. karena tanaman yang menjadi tanaman selingan akan memberikan unsur hara pada tanaman utama yang di tanam di sebuah petak lahan.

Demikianlah informasi mengenai Diversifikasi Pertanian yang harus anda ketahui sebagai orang yang hidup dan makan dari hasil pertanian, terlebih lagi negara kita yang terkenal dengan negara Agraris (Terkenal Pertaniannya) perlu sekali untuk mengetahui mengenai hal ini. jika sudah mengetahui semoga sobat bisa memperaktekkannya dan memberikan ilmunya pada petani atau orang yang tidak mengetahui ini.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: