Tuesday 14 August 2018

Pengertian Lengkap Agroforestri dan Wanatani

banyak sekali istilah-istilah dalam dunia pertanian yang harus di ketahui, terlebih bagi anda yang berkecimpung di dunia pertanian atau seorang mahasiswa Pertanian tentu harus tahu semua pengertian dari istilah-istilah pertanian. tentu akan ada banyak sekali istilah dalam Pertanian, salah satunya adalah Agroforestri. intinya Agroforestri adalah budidaya tanaman Pohon hutan, untuk penjelasannya lebih dalam lagi agar lebih jelas dan membuat sobat lebih paham silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Pengertian Agroforestri

Pengertian Agroforestri

Pengertian Agroforestry secara umum adalah budidaya tanaman Kehutanana (tanaman yang sering tumbuh dan kita jumpai di Hutan) seperti Pohon-pohonan yang memiliki batang kayu dan besar bersamaan dengan budidaya tanaman pertanian (tanaman semusim). untuk pengertian luasnya sebenarnya Agroforestry adalah budidaya tanaman Kehutanan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan secara Terpadu artinya saling melengkapi satu sama lain.

Sedangkan Pengertian Menurut Bahasa Agroforestri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris “Agroforestry” yaitu Agro berarti pertanian dan Forestry berarti Kehutanan. Agroforestri dikenal juga dengan istilah “Wanatani” yaitu gabungan kata Wana berarti Hutan dan Tani atau Pertanian.

Pengertian Agroforestri

jadi intinya Agroforestry lebih fokus ke budidaya tanaman Hutan yang berukuran besar dan berbatang Kayu seperti contohnya : Tanaman Jati. sedangkan tanaman Pertanian tahunan di tanam di sebelah Tanaman Pohon sehingga Maksud Memaksimalkan lahan agar lebih produktif menjadi tercapai. Pada sistem ini, terciptalah keanekaragaman tanaman dalam suatu luasan lahan sehingga akan mengurangirisiko kegagalan dan melindungi tanah dari erosi ser ta mengurangi kebutuhan pupuk atau zat hara dari luar kebun karena adanya daur-ulang sisa tanaman.

Nair (1989), menyatakan bahwa Pengertian Agroforestri adalah suatu nama kolektif untuk sistem-sistem penggunaan lahan teknologi, dimana tanaman keras berkayu (pohon-pohon, perdu, jenis palm, bambu, dll) ditanam bersamaan dengan tanaman pertanian dan atau hewan, dengan suatu tujuan tertentu dalam suatu bentuk pengaturan spasial atau urutan temporal, dan didalamnya terdapat interaksi-interaksi ekologi dan ekonomi diantara berbagai komponen yang bersangkutan.

Pengertian Agroforestri

Bentuk Bentuk Agroforestri adalah :

Agrisilvopastur, yaitu penggunaan lahan secara sadar dan dengan pertimbangan masak untuk memproduksi sekaligus hasil-hasil pertanian dan kehutanan.
  • Sylvopastoral System, yaitu suatu sistem pengolahan lahan hutan untuk menghasilkan kayu dan memelihara ternak.
  • Agrosylvo-pastoral system, yaitu suatu sistem pengolahan lahan hutan untuk memproduksi hasil pertanian dan kehutanan secara bersamaan, serta sekaligus untuk memelihara ternak.
  • Multipurpose forest, yaitu sistem pengolahan dan penanaman berbagai jenis kayu, yang tidak hanya untuk hasil kayunya, akan tetapi juga daun daunan dan buah buahan yang dapat digunakan sebagai bahan makanan manusia, ataupun sebagai pakan ternak.
Tujuan dari Agoforestri ini adalah :
  • pengelolaan lahan untuk mengatasi masalah ketersediaan lahan
  • peningkatan produktivitas lahan Hutan 
  • Mengatasi masalah Ketersediaan pangan (Lahan Hutan Lebih Produktif dan menghasilkan)

Sejarah Awal Mula adanya Agroforestri

Konsep agroforestri merupakan rintisan dari tim Canadian International Development Centre, yang bertugas untuk mengindentifikasi prioritas-prioritas pembangunan di bidang kehutanan di negara-negara berkembang dalam tahun 1970-an. Oleh tim ini dilaporkan bahwa hutan-hutan di negara tersebut belum cukup dimanfaatkan. Pemanfaatan di bidang kehutanan sebagian besar hanya ditujukan kepada dua aspek produksi kayu, yaitu eksploitasi secara selektif di hutan alam dan tanaman hutan secara terbatas. Agroforestri diharapkan bermanfaat selain untuk mencegah perluasan tanah terdegradasi, melestarikan sumberdaya hutan, meningkatkan mutu pertanian serta menyempurnakan intensifikasi dan diversifikasi silvikultur. Namun sistem Agroforestri telah dipraktekan oleh petani di berbagai tempat di Indonesia selama berabad-abad dengan nama dan istilah yang berbeda-beda.

Komponen Agroforestri

Pada dasarnya agroforestri mempunyai komponen-komponen pokok yaitu sebagai berikut :
  • kehutanan,
  • pertanian,
  • peternakan 
  • perikanan. 
Penggabungan pada komponen-komponen yang termasuk dalam agroforestri dikenal dengan nama ialah sebagai berikut :
  1. Silvopastura ialah Kombinasi diantara komponen ataupun kegiatan kehutanan dengan peternakan.
  2. Agrosilvopastur ialah Kombinasi diantarakomponen ataupun kegiatan pertanian dengan kehutanan dan juga peternakan(hewan)
  3. Agrisilvikultur ialah Kombinasi diantara komponen ataupun kegiatan kehutanan (pohon, perdu, palem, bambu, dan lain-lain.) dengan komponen pertanian.
  4. Silvofeshry ialah Kombinasi antara komponen kehutanan dan juga komponen perikanan. Sistem ini ialah pemanfaatan hutan mangrove yang dikombinasikan dengan tambak ikan.
Demikianlah informasi selengkapnya mengenai Agroforestri dan Wana tani, meskipun kedua kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang sama hanya saja di indonesia lebih umum menyebut Agroforetri dengan Wanatani. semoga dapat memberikan ilmu pengetahuan dan memperluas pemahaman mengenai Ilmu di bidang pertanian.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: