Friday 3 August 2018

Pengertian dan Cara Menentukan Arah Mata Angin


Mata Angin adalah panduan bagi manusia untuk mengetahui di mana posisi 4 sudut umum bumi yaitu Barat, Utara, Selatan dan Timur secara jelas sesuai dengan arah dan tempat kita berdiri. jaman dulu orang menentukan arah agar tidak tersesat ketika hendak bepergian dan juga hendak kembali ke tempat semula. manusia pertama kali menentukan arah mata angin (4 sudut umum bumi) dengan melihat bintang di langit, namun cara tersebut terbilang kurang efektif karena melihat bintang  untuk menentukan arah mata angin hanya dapat di lakukan pada malam hari. 

seiring ke majuan zaman manusia menemukan alat yang dapat di gunakan untuk menentukan arah mata angin dengan mudah dan jelas, alat itu di namakan Kompas. kompas dapat menentukan arah mata angin secara jelas dengan menggunakan sistem Magnet yang bertolak belakang.

lalu pada zaman moderen saat ini barulah kita menenemukan alat yang lebih luarbiasa canggih untuk di gunakan menentukan arah mata angin yang biasa kita sebut Google Map, tidak hanya menentukan arah mata angin Google map dapat menunjukkan jalan yang harus kita tempuh untuk menuju ke suatu tempat yang kita tuju. tentu masih banyak lagi berbagai kemudahan yang dapat kita peroleh menggunakan Google Map yang kita gunakan saat ini.

meskipun sudah ada google map kita tetap harus mengetahui bagaimana cara menentukan arah Mata angin dengan menggunakan Kompas, terlebih lagi apabila anda berada di tempat yang susah mencari koneksi internet sehingga penggunaan Google map menjadi tidak ada gunannya. tidak hanya itu ketika anda ingin menentukan arah Kiblat (Barat) untuk menunaikan Sholat sobat akan sangat mudah mengetahuinya menggunakan Kompas.

maka dari itu sangat penting anda mengetahui bagaimana Pengertian dan Cara mengetahui Arah mata angin di kompas. 

Dalam ilmu geograpi ada delapan arah mata angin, ke delapan arah mata angin tersebut ialah : Barat, Barat Laut, Utara, Timur Laut, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Ketika kamu membuka kompas akan tampak huruf N, W, E dan S

Berikut ini adalah nama-nama dua belas arah mata angin dalam bahasa inggris :
Barat
West
Barat Laut
NorthWest
Utara
North
Timur Laut
NorthEast
Timur
East
Tenggara
SouthEast
Selatan
South
Barat Daya
SouthWest

Menuju Ke Timur
Eastern
Menuju Ke Barat
Western
Menuju Ke Utara
Northern
Menuju Ke Selatan
Southern

sehingga apabila kamu ingin mencari Arah Barat kamu harus tahu di mana sudut W mengarah. maka kamu sudah menemukan di mana arah Barat di tempat kamu berdiri saat ini dengan tepat.
Cara Menentukan Arah Mata Angin

Penamaan arah mata angin pada kompas sudah menggunakan nama-nama ber-bahasa inggris, jadi kamu harus mengetahui nama-nama mata angin tersebut dalam bahasa inggris.

meskipun kamu tidak membawa kompas, saya yakin kamu bisa mengakses Kompas di HP smartphone kamu secara Off line, karena semua HP saat ini sudah tersedia Aplikasi Kompas di dalamnya.

semoga bermanfaat.
Previous Post
First

post written by:

0 komentar: