Sunday 19 August 2018

Pengertian Hortikultura

dalam dunia pertanian terdapat berbagai macam istilah yang memiliki maksud tersendiri biasanya beberapa istilah di gunakan untuk mengelompokkan Tanaman agar orang mudah untuk mengerti dan membedakannya. seperti halnya Hortikultura adalah sebutan kelompok tanaman yang khusus di budidayakan untuk perkebunan, dan masih banyak lagi yang harus di ketahui mengenai Hortikultura. untuk itu maka simaklah informasi selengkapnya yang sudah saya rangkum dan jelaskan berikut ini.

Pengertian Tanaman Hortikultura

Hortikultura adalah cara atau teknik bercocok tanam yang menggunakan media lahan kebun atau pekarangan rumah sebagai tempat untuk budidaya tanaman. sedangkan menurut bahasa berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. jadi hortikultura adalah sebutan untuk budidaya tanaman di perakrangan rumah atau kebun. adapun tanaman yang di budidayakan ada beberapa jenis yaitu tanaman SAyur, Buah, bunga dan tanaman Obat atau herbal. Hortikultura sebenarnya adalah cabang dari Agronomi, namun yang membedakannya bahwa Hortikultura hanya memfokuskan pada budidaya tanaman saja  sedangkan Agronomi lebih luas lagi.

Bidang Kerja Hortikultura

untuk bidang kerja Hortikultura ini antara lain:
  • Pembenihan
  • Pembibitan
  • Kultur jaringan
  • Produksi tanaman
  • Hama dan Penyakit
  • Panen Pengemasan
  • Distribusi

Komoditas Hortikultura


  1. Pomologi : Frutikultur : Manggis, Mangga, Apel, Durian, Salak, dll
  2. Florikultura : Melati, Mawar, Krisan, Anyelir, Begonia, Bugenvil, dll
  3. Olerikultura : Tomat, Selada, Bayam, Wortel, Kentang, (Melon & Semangka: termasuk kelompok tanaman sayuran yang di panen buahnya) dll
  4. Biofarmaka : Purwoceng, Rosela, Kunyit, dll

Komoditi ini biasanya yang banyak orang yang berprofesi sebagai pengusaha tanaman Hortikultura tanam sehingga dapat menjadi penghasilan bagi mereka.


Jenis Tanaman Hortikultura

sebenarnya Komoditi dan Jenis tanaman sama saja namun untuk memperjelasnya silahkan simak berikut ini.
  • tanaman sayur 
tanaman Tahunan dan tanaman Musiman, bedaya tanaman tahunan adalah tanaman yang dapat di tanam di sepanjang bulan atau musim, sedangkan tanaman musiman hanya bisa di tanam pada musim tertentu saja.
  • Tanaman Bunga
untuk tanaman bunga ini berfungsi untuk menambah nilai estetika pada suatu tanaman atau ruang, jadi tidak dapat di ambil buahnya seperti tanaman buah.
  • Tanaman Buah 
Tanaman Tahunan dan Musiman
  • Tanaman Obat
untuk obat berguna sebagai bahan baku obat untuk mengatasi berbagai penyakit atau biasanya di gunakan untuk bahan baku kosmetik dan obat kecantikan lainnya.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: