Wednesday 5 September 2018

Pengertian Mekanisme Pertanian

di era yang sudah maju seperti pada saat ini kemajuan teknologi juga sudah sangat berkembang pesat yang di hasilkan dari pemikiran manusia dengan keinginan memudahkan kehidupan mereka, maka dari itu sangat sering kita berbagai macam teknologi mesin sudah di gunakan di berbagai sektor. sektor yang sangat terlihat pengaruhnya pada teknologi adalah sektor pertanian , di mana di pertanian aktivitas petani di lahan pertanian sudah di mudahkan dengan berbagai macam teknologi mesin. contohnya kita ambil saja teraktor yang dahulunya kita menggunakan sapi untuk membajak sawah kini kita sudah menggunakan mesin untuk membajak sawah.

dari studi kasus di atas di dalam dunia pertanian itu di sebut sebagai Mekanisasi pertanian, penjelasan singkatnya adalah usaha penggunaan mesin-mesin moderen di bidang pertanian. negara yang sangat terlihat atau tampak ada aktifitasnya yang sudah maju karena di bantu oleh teknologi moderen adalah jepang, sudah tidak asing lagi di sana kita lihat sektor pertanian sudah terbantu oleh mesin teknologi canggih. dari hulu sampai hilir, dari pembibitan sampai panen dan distribusi semua aktivitas sudah di mudahkan dengan teknologi. maka dari itu kali ini saya akan bahas BAB mengenai Mekanisme di dalam sektor pertanian yang harus anda ketahui. untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak informasi berikut ini.

Pengertian Mekanisme Pertanian

Pengertian Mekanisasi Pertanian

Pengertian Mekanisme Pertanian adalah sebuah wujud dari pengaplikasian berbagai macam prinsip ilmu dan teknologi di bidang pertanian yang dilakukan dalam bentuk pengelolaan, pengendalian dan pemrosesan di dalam sektor pertanian itu sendiri serta juga dapat di sebut sebagai ilmu yang mempelajari tentang semua kegiatan/usaha penggunaan alat dan mesin pertanian dalam proses penggantian dan penggunaan berbagai macam mesin serta beragam teknik untuk menjadi alat pengganti bagi tenaga manusia maupun hewan. jadi pada intinya Mekanisme pertanian dapat di artikan sebagai Usaha penggunaan mesin-mesin moderen di bidang pertanian. Sedangkan Dalam dunia industri, pengertian mekanisasi produksi adalah penggunaan mesin dan alat berat untuk menghasilkan barang.

Mekanisasi ini tersebut dilakukan untuk mengurangi kejerihan atau kelelahan kerja dan meningkatkan ketepatan waktu dari berbagai kegiatan (operasi) pertanian, serta pada akhirnya dapat mengamankan produksi, memperbaiki mutu produksi dan meningkatkan efisiensi kerja.

Pengertian Mekanisme Pertanian
Sistem Produksi Pertanian
Dalam menjalankan proses produksi pertanian tersebut selalu diperlukan tenaga, alat dan mesin pertanian. Jadi alat dan mesin pertanian merupakan masukan yang penting dalam menunjang sistem pertanian dalam setiap tahapan pertanian, mulai dari pengolahan lahan, penanaman, penyiangan, pemeliharaan, pemupukan, pemanenan, dan bahkan sampai penanganan produk pasca panen.

Tujuan Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian dengan Sumber Tenaga Mekanis
  1. Mengurangi kejerihan kerja dan meningkatkan efisiensi tenaga manusia
  2. Mengurangi kerusakan produksi pertanian
  3. Menurunkan/meminimalkan ongkos produksi
  4. Memaksimalkan Fungsi Lahan Pertanian
  5. Menghindari terjadinya gagal panen karena kurangnya jumlah tenaga kerja
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dan hasil pertanian itu sendiri.
  7. Dll.
Di dalam pelaksanaannya, mekanisasi ini akan melibatkan penggunaan berbagai macam mesin secara keseluruhan atupun sebagian bidang, dengan tujuan menggantikan tenaga manusia dan hewan.

Mekanisasi di dalam bidang pertanian tidaklah hanya mengacu kepada penggunaan traktor dan berbagai macam alat bermotor lainnya, namun hal ini juga terkait dengan keseluruhan alat yang digunakan untuk membantu dan menunjang terlaksananya berbagai macam kegiatan di dalam pertanian itu sendiri.

demikianlah informasi mengenai Pengertian Mekanisme Pertanian, yang harus di ketahui. semoga penjelasan yang sederhana ini dapat memberikan pemahaman yang baik bagi anda semua, dan semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda. terimakasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: